Cara Menghemat Baterai Smartphone

1 tahun yang lalu    

1. Matikan Mode Getar (Vibrations)

Meskipun sinyal getar memudahkan kita untuk tau ada panggilan masuk atau notifikasi lain, hal ini menggunakan banyak daya baterai. Bahkan mode getar menghabiskan lebih banyak baterai daripada mode ringtone. Matikan mode getarnya untuk menjaga daya baterai kamu tetap hemat dan tidak terbuang sia-sia.

2. Kecilkan Brightness di Layarmu

Kita sudah tau bahwa layar smartphone kamulah yang paling banyak mengonsumsi daya baterai selain GPS. Untuk mengurangi konsumsi daya baterai, kamu bisa setting cahaya di layar kamu agar tidak terlalu terang tapi cukup nyaman dilihat mata. Kamu juga bisa menggunakan pengaturan adaptasi terhadap kondisi cahaya langsung dari smartphone kamu.

3. Persingkat Waktu Stand-By (Time-Out) Layar HP kamu

Sudah disinggung sebelumnya bahwa layar hp kamu yang menggunakan daya baterai terboros. Maka dari itu persingkatlah waktu time-out atau standby hp kamu dengan mengaturnya ke waktu paling cepat. Misal, tadinya kamu atur waktu standby kamu dua menit, bisa kamu ubah hanya menjadi 15 detik saja.

4. Charge Baterai Kamu Secara Efisien

Ada dua tipe baterai yang dipakai di ponsel, baterai lithium dan baterai nickel. Baterai yang terbuat dari nickel lebih tahan lama daripada lithium. Jika kamu menggunakan baterai nickel, ponsel kamu harus di-charge hingga kapasitas maksimum (100%) saat daya baterai kamu tinggal sedikit. Namun jika ponsel kamu memakai baterai lithium, kamu harus charge sesering mungkin untuk mempertahankan kapasitas aslinya.

5. Matikan WiFi, Paket Data, dan Bluetooth Saat Tidak Digunakan

Jika kamu tidak sedang menggunakan smartphone-mu, ada baiknya untuk mematikan segala konektivitas karena hal itu akan membuang daya baterai kamu secara percuma. Hidupkan salah satu saja jika memang diperlukan.

6. Tutup Aplikasi Jika Sudah Tidak Digunakan

Banyak pengguna smartphone yang tidak menutup aplikasi yang baru saja digunakan secara benar hingga aplikasi masih banyak yang dalam keadaan terbuka walaupun tidak sedang digunakan. Hal ini tentu saja membuang daya bateraimu dengan cuma-cuma. Jika kamu menggunakan Android, kamu hanya harus tap tombol multitasking dan kamu bisa swipe aplikasi yang tidak kamu gunakan untuk menutupnya.

7. Matikan GPS (Location Services)

GPS atau layanan lokasi adalah yang terbesar penggunaan baterainya di smartphone selain layar kamu. Kamu bisa mematikan GPS di menu Setting smartphone kamu. Dengan begitu kamu akan menghemat pemakaian baterai. Nyalakan GPS saat kamu perlukan saja, misalnya saat menggunakan Maps untuk mencari suatu lokasi.

8. Buat Home Screen Kamu Simpel Tanpa Banyak Widget

Semakin banyak Widget di Home Screen kamu, semakin banyak daya baterai yang tersedot. Jadi singkirkan Widget yang tidak kamu perlukan dan biarkan Home Screen kamu menjadi simpel dan efisien untuk menghemat baterai. Tips lain untuk layar smartphone kamu adalah jangan gunakan wallpaper yang berbentuk animasi karena hal ini menyedot daya baterai dengan cepat, jadi matikan Live Wallpaper dan gunakan yang biasa atau tidak bergerak.

9. Jaga Smartphone Agar Tetap Dingin

Nyatanya, sebuah smartphone lebih menggunakan banyak energi saat dalam keadaan panas daripada dalam keadaan dingin. Jauhkan smartphone kamu dari sinar matahari langsung dan simpan di tempat sejuk. Jangan terlalu sering dipakai bila tidak perlu agar Android System tidak perlu bekerja ekstra. Baterai ponsel kamu juga akan bekerja lebih optimal saat keadaan ponselmu dingin. Kamu bisa gunakan cara alami dengan menaruhnya di ruangan sejuk ataupun memakai aplikasi Clean Master untuk mengurangi panas di device kamu.

Sumber: https://jalantikus.com/tips/tips-hemat-baterai-smartphone/




Komentar Artikel "Cara Menghemat Baterai Smartphone"